Panduan Ringan

Blog yang mengulas seputar teknologi, internet, android, keuangan, serta berbagai artikel informatif, menarik dan bermanfaat lainnya

Cara Untuk Factory Reset Smartphone ke Pengaturan Pabrik

Cara Untuk Factory Reset Smartphone ke Pengaturan Pabrik. Reset Android, buat apa sih? Opsi reset ke pengaturan pabrik ataupun factory reset ini memanglah tidak sering digunakan. Jadi tidak heran jika ada orang yang belum paham triknya.

Sementara itu, manfaatnya banyak sekali, lho. Paling utama untuk menanggulangi bug–bug yang umumnya kerap timbul di HP.

Beberapa hal yang harus kamu lakukan terlebih dahulu sebelum factory reset, yaitu:

Backup Terlebih Dahulu Data di HP

Saat sebelum lanjut ke bahasan utama, pertama- tama, Kamu wajib mengenali dahulu metode backup data HP. Seperti yang disebutkan tadi, factory reset ini akan menghapus segala data. Oleh sebab itu, penting buat kamu mencadangkan data- data terlebih dulu saat sebelum mengawalinya.

Triknya:

  1. Cukup sambungkan HP memakai kabel USB ke pc ataupun laptop.
  2. Setelah itu salin data- data penting dari memori internal. Misalnya gambar, video serta dokumen.
  3. Selanjutnya backup data HP Android kamu.

Catatan:

Jika menggunakan kartu memori tidak perlu melakukan itu. Nanti sewaktu proses reset diawali, tinggal dilepas saja dahulu biar datanya tidak turut terhapus.

Baca juga : Cara memperbaiki tombol power android tidak berfungsi

Sesungguhnya untuk reset Android itu, maka merek HP satu dengan merk yang lainnya akan rata- rata tidak akan jauh berbeda. Permasalahannya itu pada posisinya saja. Sebaliknya untuk triknya sendiri nyaris sama. Berlaku buat seluruh jenis HP, mulai dari OPPO, VIVO, Xiaomi, Samsung, ASUS, Lenovo, Huawei, dan lain- lain.

Metode Untuk Reset HP Android Dengan Melalui Setelan

  1. Di setelan atau halaman pengaturan di Android, maka tentu ada sebuah pilihan untuk mengembalikan kondisi HP menuju ke setelan pabrik. 
  2. Di menu bagian atas HP (panel status bar), geser ke dasar, setelah itu buka icon Setting.
  3. Maka akan mucul halaman baru. Silakan geser ke bawah, kemudian buka menu Cadangkan serta Setel Ulang.
  4. Di sini akan ada sebagian pengaturan. Silakan pilih Kembalikan ke Setelan Pabrik.
  5. Bila nanti muncul jendela konfirmasi untuk melakukan reset, maka langsung saja kamu ketik Iya, Setuju, Setel Ulang, ataupun yang lainnya.
  6. Jika telah di klik, tinggal tunggu HP restart.

Catatan:

Untuk pertama kali umumnya agak lama, kurang lebih 5 sampai 15 menit. Jadi yakinkan baterai masih lumayan penuh biar tidak mati mendadak.

Reset HP dengan Kode Dial

Jika ingin lebih cepat, dapat pula, lho, dengan memakai kode dial. Kode ini semacam shortcut yang membolehkan HP di reset tanpa lewat setelan semacam metode tadinya. Jadi, dapat dibilang sangat sederhana. Tetapi hati- hati, yakinkan semua data hp telah di- backup, ya.

Langkah- langkahnya, yaitu:

  1. Buka aplikasi Dial Pad (Phone).
  2. Setelah itu ketik*2767*3855#.
  3. Setelah itu, secara otomatis HP akan mengawali proses reset.

Walaupun unggul dari segi kepraktisan, tetapi kode dial ini tidak dapat dipakai di seluruh jenis HP. Contoh HP yang dapat di reset dengan kode dial antara lain Samsung serta ASUS, itupun juga tidak semua jenis.

Melalui Fashion Recovery Android

Nyaris seluruh HP memiliki fashion recovery ini. Kamu dapat memakai fashion ini juga buat me- reset HP. Sebab kelebihannya yang tidak perlu masuk ke sistem, metode ini sesuai untuk memperbaiki HP yang hadapi kerusakan seperti bootloop.

Triknya:

  1. Matikan HP terlebih dulu.
  2. Nyalakan kembali HP dengan memencet tombol Power +Volume Up+Volume Down secara bertepatan.
  3. Tunggu beberapa waktu hingga masuk fashion recovery (campuran tombol jangan dilepas).
  4. Sehabis itu, masuk ke jendela Wipe.
  5. Setelah itu pilih Wipe Data ataupun Factory Reset.
  6. Jika sudah, tunggu prosesnya hingga berakhir. Sehabis itu dapat coba restart HP. Jika proses boot-nya lama, tunggu saja.

Catatan:

Recovery merupakan suatu fashion di mana Kamu dapat mengendalikan bermacam pengaturan Android yang tidak terdapat ketika HP menyala. Misalnya buat wipe cache, sampai mengubah ROM lama ke yang baru (custom ROM).

Baca juga : Manfaat pembaruan perangkat lunak di Android

Manfaat Reset HP

Buat Kamu yang belum mengetahui, me-reset HP itu banyak manfaatnya, lho. Beberapa hal tersebut yaitu sebagai berikut:

  • Memperbaiki Pesan Berhenti

Pernah tidak ketika memakai HP, terus timbul pesan “berhenti”? Penyebab permasalahan ini banyak sih. Tetapi dengan reset, permasalahan ini dapat diatasi.

  • Pemecahan Bila HP Mati Sendiri

HP suka mendadak mati? Tidak perlu takut, sebab dengan factory reset, perihal ini dapat teratasi.

  • Melenyapkan Virus

Di HP Kamu ada virusnya? Walaupun tidak sering, nyatanya ini dapat terjadi, spesialnya Adware (virus iklan). Reset pabrik bisa 100% efisien mengatasinya.

Inilah beberapa cara factory reset HP android ke pengaturan pabrik yang memang bisa kamu ketahui. Seluruh panduan di atas dipastikan bisa bekerja serta dapat dipakai buat seluruh merek dan jenis HP Android, dari yang keluaran lama hingga yang sangat baru sekalipun.

Show Comments

Bottom Ads