Panduan Ringan

Blog yang mengulas seputar teknologi, internet, android, keuangan, serta berbagai artikel informatif, menarik dan bermanfaat lainnya

4 Cara Memperbaiki Tombol Power Android Tidak Berfungsi

Cara Memperbaiki Tombol Power Android Tidak Berfungsi. Kerusakan pada smartphone pasti telah jadi hal normal. Salah satunya yang sangat kerap dirasakan ialah tombol power HP yang rusak. Kemudian, pertanyaannya ada tidak sih metode menghidupkan HP tanpa tombol power?

Walaupun bisa, bayaran servis buat kasus ini tidak seberapa, tetapi nyatanya akan jadi boros jika hal ini cukup kerap terjadi. Nah, untungnya ada beberapa trik metode buat mengatasinya.

Apalagi, kamu juga tidak perlu mengeluarkan bayaran buat melakukannya, lho! Penasaran? Berikut merupakan beberapa metode menghidupkan HP tanpa tombol power sepenuhnya.

Paling tidak disini ada 2 keadaan ketika tombol power smartphone kamu telah rusak, yaitu hp dalam kondisi masih aktif dan juga nonaktif atau mati total. Tiap- tiap keadaan tersebut juga, dapat kamu obati dengan gampang serta menyalakan layar HP Android kembali dengan beberapa tata cara seperti di bawah ini.

Beruntunglah buat kamu yang masih mengalami HP Android dengan tombol power yang rusak masih dalam kondisi aktif serta masih dapat dioperasikan.

Nah, jika HP Samsung kamu kebetulan hadapi perihal tersebut, maka akan dikasih tahu kamu bimbingan seputar metode menghidupkan HP Samsung tanpa tombol power. Jika kamu pake HP merek lain, kamu juga senantiasa dapat memakai metode ini, kok.

Berikut ini beberapa cara memperbaiki tombol power android tidak berfungsi supaya hp bisa aktif kembali.

1. Colok Memakai Barang Lain

Pada beberapa permasalahan tombol power yang rusak serta tidak berperan disebabkan sebab bagian luar ataupun covernya yang hilang serta menyisakan bagian karet di dalamnya.

Bila kamu mengalami keadaan demikian, kamu bisa memakai barang spesial semacam tusuk gigi, SIM card ejector, ataupun sejenisnya buat bisa memencet bagian tonjolan yang ada di dalamnya.

Oh ya, yakinkan pula kamu tidak memakai barang tajam buat mencoloknya. Buat yang pemakaian tusuk gigi, yakinkan ujungnya telah tumpul ya!

Jika memanglah tombol bagian dalam masih berperan, sepatutnya dengan metode ini HP Android masih dapat menyala kembali.

2. Sambungkan dengan Charger/ Powerbank

Buat kamu yang tidak ingin ribet, coba isi energi smartphone sesaat. Entah itu memakai adapter charger biasa maupun dengan powerbank.

Bila HP Android kamu masih dalam kondisi aktif serta menyala, nantinya layar akan otomatis menyala dikala dihubungkan ke charger.

Setelah itu kamu tinggal buka kunci layar, baik dengan swipe ataupun memasukkan PIN ataupun pola.

3. Pakai Tombol Lain buat Menyalakan Layar

Setelah itu kamu juga dapat memakai tombol lain yang berperan selaku tombol power. Salah satunya yaitu memakai tombol volume up serta down.

Tadinya yakinkan kamu bisa untuk membuka layar menggunakan tata cara di poin 1 serta juga 2. Berikutnya nanti kamu tinggal simak beberapa langkah sebagai berikut.

Pertama kamu download serta juga install aplikasi dari Power Button to Volume Button.

Ketuk opsi Enable/ Disable Volume Power sampai ikon gear berganti warna.

Aktifkan sebuah pilihan Boot serta juga Screen Off untuk nantinya menggunakan tombol volume sebagai suatu pengganti akan tombol power.

Restart smartphone untuk mulai memakainya.

4. Aktifkan Fitur Double Tap to Wake

Tidak hanya itu kamu juga dapat memakai fitur Double Tap to Wake yang biasanya telah ada pada smartphone Android rilisan terkini. Nantinya kamu cukup mengetuk layar 2 kali dalam kondisi mati buat menyalakan layar serta membuka kunci smartphone.

Tetapi buat ponsel Android seri lama yang belum mempunyai fitur ini, kamu dapat download aplikasi, metode pemasangannya di bawah ini.

Unduh serta install aplikasi Double Tap Screen On and Off.

Aktifkan opsi Double tap to Screen On. Ketuk OK bila timbul peringatan.

Ketuk aplikasi bernama Screen Off buat mematikan layar. Aktifkan izin Device Administartor- nya terlebih dahulu.

Tata cara memakai aplikasi Double Tap Screen On and Off tidak berlaku buat seluruh jenis HP Android. Bila tidak sukses, lebih baik memakai tata cara pada poin 3 ataupun 5.

5. Manfaatkan Sensor Biometrik

HP Android rilisan terkini, mulai dari segmen entry tingkat sampai flagship, dikala ini biasanya telah dilengkapi dengan sensor biometrik.

Salah satu yang sangat universal ditemui merupakan sensor fingerprint alias sidik jari. Tidak hanya itu terdapat pula fitur biometrik lain, semacam face unlock sampai irish scanner yang pula sempat digunakan loh.

Buat menghidupkan HP tanpa tombol power buat seluruh brand, semacam Samsung, ASUS, sampai OPPO kamu dapat simak langkah- langkah di bawah ini.

Buka halaman Settings pada smartphone Android.

Pilih opsi Lock screen & password.

Ketuk opsi Add fingerprint. Pilih tipe kunci layar yang diinginkan.

Atur PIN ataupun kunci layar sesuai kemauan. Tekan Got It pada jendela pop- up yang muncul

Simak proses akumulasi sidik jari sesuai dengan apa yang ditampilkan.

Tambahkan sidik jari yang lain bila dibutuhkan. Tekan tombol Done bila telah berakhir.

Inilah beberapa cara memperbaiki tombol power android tidak berfungsi. Saat ini kamu tidak perlu panik serta terburu- buru berangkat ke service center buat memperbaikinya. Jikalau memanglah telah rusak parah serta menekan, kamu baru bisa servis penuh loh.

Show Comments

Bottom Ads