Panduan Ringan

Blog yang mengulas seputar teknologi, internet, android, keuangan, serta berbagai artikel informatif, menarik dan bermanfaat lainnya

Panduan Cara Cek Identitas Lewat No Rekening Bank

Mengecek identitas seseorang lewat no rekening bank? Apa bisa? Jawabannya tentu saja bisa. Di zaman era digital seperti sekarang ini, hal tersebut sangat mungkin untuk dilakukan. Lalu, apa tujuan melakukan pengecekan identitas lewat no rekening? 

Yang pasti untuk menentukan atau untuk mengetahui apakah orang tersebut bisa dipercaya dalam bertransaksi online atau tidak. Seperti yang kita ketahui, maraknya penipuan online membuat sebagian masyarakat khawatir ketika akan membeli produk atau barang secara online.

Nah, untuk kalian yang sudah terlanjur membeli barang secara online, dan merasa tertipu oleh penjual, pengecekan identitas penjual bisa dilakukan lewat no rekening. 

Jadi banyak sekali manfaat yang kita dapatkan kalau kita mengetahui cara cek identitas seseorang khususnya ketika akan bertransaksi online lewat no rekening bank. Sebenarnya ada beberapa cara dan tips untuk cek identitas lewat no rekening bank, berikut panduannya.

Melakukan seolah-olah akan Transfer

Anda bisa melalukan pengecekan identitas lewat no rekening bank dengan cara melakukan seolah-olah kan mentransfer ke rekening tersebut. Anda bisa melakukannya lewat ATM, Mbanking, Internet Banking atau lainnya. 

Anda juga bisa melakukannya via ewallet seperti gopay, dana dan ovo. Hal yang pertama yang harus dilakukan adalah catat no rekening bank yang akan di cek identitasnya. Langkah kedua, silahkan lakukan hal seolah-olah akan transfer ke rekening tersebut. Nantinya kita akan melihat nama lengkap dari pemilik no rekening tersebut. 

Silahkan pilih cancel untuk membatalkan transfer. Jadi dengan melakukan hal tersebut, kita bisa mengetahui nama lengkap dari pemilik no rekening tersebut.

Memang kita tidak bisa megetahui alamat lengkap dari pemilik no rekening itu, tapi paling tidak kita bisa tahu nama lengkapnya, kemudian kita bisa mengetikan nama tersebut diberbagi social media seperti facebook, instagram, twitter untuk mengetahui profil lebih lanjut dari pemilik no rekening tersebut.

Melalui website pihak ketiga seperti kredibel .co.id dan cekrekening. id Sekarang ini ada beberapa website penyedia jasa pengecekan no rekening penipu. Hal tersebut dimaksudkan untuk keamanan bagi para pembeli sebelum melakukan transaksi online. 

Jadi sangat disarankan ketika anda akan melakukan transaksi online, anda mengecek no rekening penjual di kredibel.co.id ataupun di cekrekening.id. Nantinya, akan muncul notifikasi atau pemberitahuan kalau no rekening yang anda cek sudah pernah melakukan penipuan online atau belum.

Apabila sudah ada laporan penipuan online, sebaiknya anda mencari penjual yang lainnnya. Hal itu dikarenakan si penjual sudah ada indikasi melakukan penipuan transaksi online.

Melalui Bank

Cara terakhir untuk mengecek identitas lewat no rekening bank adalah dengan mendatangi kantor bank tersebut. Ketika anda sudah mengetahui no rekening dari bank mana yang akan di cek, anda bisa mendatangi bank tersebut. 

Anda bisa mengambil no antrian di customer service, tapi pihak bank pun tidak akan memberikan informasi identitas dengan semudah itu. Anda harus mempunyai bukti kuat kalau no rekening yang anda akan cek telah melakukan tindak penipuan. Jangan lupa untuk membuat laporan ke kantor polisi terlebih dahulu.

Kesimpulan
Pengecekan identitas seseorang lewat no rekening bank untuk meminimalisir tindak kejahatan perlu dilakukan sebelum anda melakukan transaksi online. Hal itu dimaksudkan untuk melihat profil si penjual apakah terpercaya atau tidak.

Apabila anda sudah terlanjur tertipu oleh si penjual, anda bisa segera melapor ke kepolisian dan mendatangi kantor bank terkait untuk melakukan pengecekan lebih lanjut. Dan anda bisa meminta pihak bank untuk menahan dana yang sudah anda transfer asalkan anda mempunyai bukti yang kuat.

 
Show Comments

Bottom Ads